Cara membaca Coefficients Table SPSS untuk membuat Persamaan Regresi

D-Link dsl 2640 b emerer.com
Tutorial Lengkap Setting Modem Router Wireless D-LINK DSL 2640B
30 November 2014
TL-MR3420 emerer.com1
Berbagi Koneksi Internet dari MODEM USB Dengan Wireless Router TP Link MR3420
9 January 2015

Cara membaca Coefficients Table SPSS untuk membuat Persamaan Regresi

spss20 emerer.com

Analisis regresi linier berganda merupakan  salah satu kegiatan dari penelitian kuantitatif menggunakan SPSS. Output dari pengolahan data diantaranya ada Tabel Koefisien yang digunakan untuk membuat persamaan regresi. Analisis regresi linier berganda ini digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat.Dalam posting kali ini aka menampilkan salah satu bagian dari tesis Rasid yang meneliti pengaruh variabel bebas (independen variable) yaitu E-Marketing (X1), Kualitas Produk (X2) dan Kualitas Layanan (X3) terhadap variabel terikat (dependen variable) yaitu Citra Merek (Y).Dan persamaan regresinya dapat dirumuskan sebagai berikut :

Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e

Keterangan :

Y                     = Citra Merek (?)

a                     = Konstanta

b1,b2,b3        = Koefisien determinasi

X1                  = E-Marketing

X2                  = Kualitas Produk

X3                  = Kualitas Pelayanan

e                      = Error

 

Tabel dibawah ini merupakan hasil dari pengolahan menggunakan SPSS

 Coefficientsa

Model Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients t
B Std. Error Beta
1 (Constant) 1,926 ,929 2,074 ,041
X1EMarketing ,166 ,037 ,300 4,453 ,000
X2KualitasProduk ,163 ,045 ,334 3,671 ,000
X3KualitasPelayanan ,296 ,063 ,363 4,670 ,000

 

Cara membuat persamaan rumus regresi adalah sebagai berikut:

Y = (1,926) + 0,166 X+ 0,163 X+ 0,296 X3  + e

 

Adapun membaca persamaan dari regresi diatas adalah:

  1. Konstan = 1,926

Nilai konstanta positif menunjukkan pengaruh positif variabel independen (e-marketing, kualitas produk dan kualitas pelayanan). Bila variabel independen naik atau bepengaruh dalam satu satuan, maka variabel citra merek  akan naik atau terpenuhi.

  1. E-marketing (X1) = 0,166

Merupakan nilai koefisien regresi variabel e-marketing (X1) terhadap variabel citra merek Nay@dam (Y) artinya jika kinerja e-marketing (X1) mengalami kenaikan satu satuan, maka citra merek Nay@dam (Y) akan mengalami peningkatan sebesar  0,166 atau 16,6% koefisien bernilai positif artinya antara kinerja e-marketing (X1)  dan citra merek Nay@dam (Y) hubungan positif. Kenaikan kinerja e-marketing (X1) akan mengakibatkan kenaikan pada citra merek Nay@dam (Y).

  1. Kualitas Produk (X2) = 0,163

Merupakan nilai koefisien regresi variabel kualitas produk (X2) terhadap variabel Citra citra merek Nay@dam (Y) artinya jika kualitas produk (X2)  mengalami kenaikan satu satuan, maka citra merek Nay@dam (Y) akan mengalami peningkatan sebesar  0,163 atau 16,3 % koefisien bernilai positif artinya antara kualitas produk (X2)  dan citra merek Nay@dam (Y) hubungan positif. Kenaikan kualitas produk (X2)  akan mengakibatkan kenaikan pada citra merek Nay@dam (Y).

  1. Kualitas Pelayanan (X3) = 0,296

Merupakan nilai koefisien regresi variabel kualitas pelayanan (X3) terhadap variabel Citra citra merek Nay@dam (Y) artinya jika kualitas pelayanan (X3)  mengalami kenaikan satu satuan, maka citra merek Nay@dam (Y) akan mengalami peningkatan sebesar  0,296 atau 29,6 % koefisien bernilai positif artinya antara kualitas pelayanan (X3)  dan citra merek Nay@dam (Y) hubungan positif. Kenaikan kualitas pelayanan (X3)  akan mengakibatkan kenaikan pada citra merek Nay@dam (Y).

 

Demikian untuk posting kali ini, semoga bermanfaat bagi yang sedang melakukan penelitian kuantitatif.

Muhammat Rasid Ridho
Muhammat Rasid Ridho
[telp/wa 0831 8393 2425] Suka Jalan jalan, Bermain Koding Program, Belajar Jaringan dan Berbagi Cerita. Jangan lupa tulis komentar di bawah ini ya teman teman ... !

65 Comments

  1. putri says:

    Assalamualaikum :-) sekarang saya sedang melakukan penelitian, ada yang saya kurang pahami dalam cara interpretasi hasil regresi. yang membuat saya bingung hasil regresi yg sya dapat yaitu : constan (296.540),variabel luas lahan (2993.410), tenaga kerja (-68.398), biaya produksi (0.000) bagaimana cara interpretasi variabel biaya sarana produksi.

  2. razi says:

    assalamualaikum, saya mahasiswa sem akhir disalah satu PTN. saya kurang paham bagaimana cara interpretasi nilai koefiien dari penelitian saya yang hasilnya, Jumlah penduduk (1,256), konsumsi (188), produksi (-494) dan harga (-2680,126) dengan variabel dependent impor. terima kasih sebelumnya.

  3. Fatimah says:

    asslm. saya sekarang sedang melakukan penelitian. saya mau tanya ini. sebenarnya cara melihat koefisiesien variabel itu lihatnya dari mana ya? menentukan nilai r itu dari zero-order atau dari partal ya? mohon batuannya. terima kasih :)

  4. Ari Ok says:

    assalamualaikum..saya mempunyai skripsi yang berhubungan dgen analsis regresi linear sederhan degn Variabel Indpendent yang saya gunakan Volume pomompaan air dan variabel dependent Biaya pemompaan. Hasil analisis saya menunjukkan nilai costan 9.420E7 dan Volume pemompaannya 751.658 Sig. t 0,061 untuk costan dan 0,00 untuk Volume pemompaannya, yang ingin saya tanyakan apakah persamaan ini sudah bnar atau dpt dipakai?mhn bantuannya ..trims.

  5. novita says:

    assalamualiakum…
    Saat ini saya sedang melakukan penelitian skripsi, saya bingun dengan e (standar error), e itu maksudnya apa yaaa….
    terimakasih…:)

  6. jack says:

    putri , razi , dan ari , sepertinya ada salah dalam mengerjakan langkahnya , soalnya ga mungkin hasilny segitu

    • Yup betul sekali Jack,

      Biasanya hasil dari kolom Koefisien dibawah angka 1. (Nol koma)
      0,,,,,, berapa gitu.

      Kalau dibuat presentasi tinggal dikalikan dengan 100%.

      • Indah says:

        Halo pak, mohon maaf saya ingin tanya. Hasil dari kolom koefisien salah satu variabel x saya ada yg lebih dari 0 pak yaitu 1,236. Jadi jika diinterpretasikan jadi 123,6% begitu pak? Apakah masuk akal menurut bapak? Karna saya sudah coba berkali2 hasilnya tetap sama. Dan saya juga menggunakan data sekunder dan tidak ada yg saya rubah2 pak datanya. Mohon pendapat dari bapak. Terima kasih.

  7. Ajeng Hayki says:

    Ass….mas bagaimana cara menentukan validitas dan realibilitas… trimakasih

  8. Tara Winda says:

    assalammu’alikum .. selamat siang …
    saya mau tanya nih , sebenarnya apa perbedaan dari nilai beta unstandardized dan standardized coefficients ?
    karena dibanyak literatur dan sumber internet menyatakan hasil dari regresi diambil dari kolom standardized namun dosen pembimbing saya melihatnya dari standardized coef ….
    terimas kasih :)

  9. Tara Winda says:

    mohon maaf ada yang salah ketik ….
    maksud saya dari banyak literatur menyatakan hasil dari regresi diambil dari unstandardized sedangkan dosen saya mengambilnya dari standardized …

  10. Tika says:

    Selamat siang,
    ingin bertanya yang di maksud dengan kenaikan satu satuan itu apa ya?

    Seperti pada kalimat: “jika X mengalami kenaikan satu satuan, maka Y akan mengalami pengingkatan …%”

    Terimakasih.

  11. Riza says:

    Ass.. Sya bru slsai ujian pendadaran dan dimnta mnghapus persamaan regresinya. Apa kah ada teori pndukung tentang boleh dihapusnya persamaan regresi tersebut.. Mohon bntuannya.. Mksih sblumnya

  12. jenni says:

    ass..
    cara mengitrepretasi hasil penelitian saya gmana ya ?
    hasilnya Profit= -41,710 + 0.617 bagi hasil + 3,879 penyaluran pembiayaan + 18,328
    mohon bantuannya yang saya kurang paham intrepretasi 3,879

  13. rizqi says:

    maaf saya mau tanya saat ini saya sedang melakukan penelitian,metode analisis apa yang harus saya gunakan jika saya menggunakan 1 variabel dependen dan 2 variable inedepnde

  14. Abed says:

    Saya mau nanya, gimana cara mencari alfa / konstanta pada rumus model jones di spss ya, terima kasih

  15. Darham Wahid says:

    Mhn penjelasan kenapa pada persamaan regresi ada yg + e, yaitu y= a + bx + e, ada yg tdk. Sedangkan konsep garis lurus yaitu hanya y = a + bx saja

  16. edi says:

    maaf pak mau tanya. variabel indepen saya ada 3 x1 x2 dan x3 saat saya uji normalitas kenapa x2 saya tidak masuk dalam model?

  17. Ferry says:

    Selamat pagi pak, saya mau bertanya.. Untuk koefisien yang dipakai itu yang unstandardized atau standardized yah ? Lalu bedanya apa 2 jenis koefisien tersebut.. Terima kasih Pak :)

  18. Tari says:

    Selamat malam pak, bagaimana kalau nilai constant nya min (-) artinyanya bagaimana ya pak? Terimakasih

    • Anonymous says:

      Constan adalah ketetapan/nilai tetap, artinya kalau hasilnya negatif bila variabel pada penelitian tidak ada perubahan atau tetap maka hubunganya negatif

  19. tiara says:

    Assalamualaikum pa bagaimana cara membaca tabel ouput spss analisis regresi sederhana (tabel coefficients). Kebanyakan hanya membaca pada kolom B dan Sig. Saja

  20. pelangianggita says:

    Siang pak, regresi berganda saya Y= 14,811-0,061+0,611. Bagaimana analisisnya ya pak? Thnks paak

  21. bobby says:

    malam admin…saya melakukan analisis regresi berganda dari tabel anova uji F signifikan. tapi di di tabel coefficient uji t untuk x1 dan x2 tidak berpengaruh…mengapa ya….mohon penjelasannya. yhanx

  22. putri says:

    maaf pak saya mau nanya. persamaan regresi berganda saya ada yang bernilai negatif.. bagaimana cara interpretasinya ya pak,?..saya masih bingung
    mohon penjelasannya.. makasih pak..

    • Tak masalah bernilai negatif,
      kalau memang kenyataannya seperti itu gimana lagi.

      Yang salah jika kita mengedit data biar menjadi positif.

      Sekarang tinggal cari aja , indikator mana yang menjadikan variabel tersebut berdampak negatif.
      Semoga membantu.

  23. Jumliati says:

    Bgini pak nilai koefisien regresi sebesar 3,140 dengan tingkat signifikansi 0,078. Cara menjelaskan.x bagaimn pak? Mohon bantuan.x soal.x sdh brp kali di revisi

    • Apa adanya saja, kalau data diubah ubah malah tidak sesuai dengan kenyataannya.
      Kalau nyatanya seperti itu gimana lagi kan.

      Cari aja masalah yg menyebabkan itu nanti di interpretasinya.

  24. hen*** says:

    Pak mau tanya kalau nilai koefisien determinasi b1x1 0.131 dan b2x2 = -0.164 (negatif) sedangkan konstanta y sebesar 23.28 itu hasil koefisien nya negatif tidak apaapa y?

  25. yuni says:

    Assalamulaikum, pak mohon arahannya. Saya mau bertanya. Di interpretasi multi regresi sering di jelaskan bhwa stiap naik 1 satuan bahwa akan meningkatkan atau menurunkan variabel y apabila variabel independen lainnya adalah tetap. Yang saya ingin tanyakan adalah mengapa selalu di sebut 1 satuan ya pak? Apakah ada alasan lain di balik 1 satuan tsb ? Terimakasih pak seblumnya..

  26. engga says:

    Pak, mau tanya kalau nilai e (error) lihat di mana ya? apakah tidak ada nilai nominalnya? serta cara membaca atau maknanya untuk persamaan regresi tersebut.
    Mohon informasinya segera.
    terima kasih

  27. andah says:

    Assalamualaikum
    Saya ingin bertanya, hasil tabel coefficients saya di kolom b dan std.error hasil setiap variabelnya ,000 semua pak, itu knpa ya dan apakah itu tetap bisa di interpretasi atau ada data yg salah karna beberapa kali saya ulang hasilnya tetap sama, mohon bantuannya pak terimakasih.

  28. Dian says:

    selamat siang pak, say mau tanya. saya sedang mengerjakan tesis, pada persamaan regresi linier berganda (saya pake variabel intervening juga), sig menunjukkan angka > 0.05 namun nilai standardized coefficients positif, itu bermasalah atau tidak ya? terimakasih sebelumnya.

  29. Rainier says:

    saya mau tanya jika nilai constant bernilai 6.936 apakah tidak masalah ??
    untuk total x1nya .90
    x2 .758
    dan x3 .138.

    apakah tidak masalah?

  30. reza mukhlisin says:

    selamat sore pak, saya mau bertanya karena bingung untuk menginterprestasinya. Y= – 589 – 0,145 – 0,698 + 9,241.
    Y = Return On Asset
    X1 = Perputaran Persediaan
    X2 = Perputaran Piutang
    X3 = Perputaran Total Aset.

    mohon bantuan dan arahannya pak. terimakasih :)

    • winna says:

      mas reza, kebetulan saya juga konstanta nya minus sama seperti yang mas reza, apakah mas reza udah nemuin gimana cara intrepretasiinnya? apakah nilai konstanta negatif tidak apa2? mohon bantuannya. terimakasih

      • Reza harry dharmawan says:

        Nilai positif atau negatif sebenernya nggak masalah, cuman cara membacanya aja yg beda,,,

        Intinya konstanta adalah nilai tetap/ketetapan atau nilai/hubungan saat variabel bebas tidak ada perubahan atau tetap (konstan)

        Semoga membantu :)

    • Reza harry dharmawan says:

      Konstan adalah nilai tetap, artinya jika tidak ada perubahan dalam variabel penelitian maka hubunganya negatif
      a = jika perputaran persedianan, perputaran piutang dan perputaran toatal aset tidak ada perubahan Atau tetap, maka ROA menurun/negatif
      X1 = -0.145 (tanda negatif dapat diartikan bahawa hubungan variabel x1 dan Y berlawanan arah) kesimpulanya jika perputaran persediaan ditingkatkan maka ROA akan menurun karena hubunganya berlawanan.
      Begitu juga dengan x2
      X3 = +9,241 (tanda positif berarti hubunganya searah antara x3 dengan Y) kesimpulanya jika perputaran total aset di tingkatkan maka ROA juga akan meningkat.

      Jadi tanda positif atau negatif di nilai tiap2 variabel mengartikan sebuah hubungan antara variabel X dengan Y

  31. andy says:

    selamat malam, saya mau bertanya, apakah kira-kira penyebab atau penjelasannya jika hasil uji parsial menunjukkan signifikan akan tetapi arahnya negatif. Sedangkan hipotesisnya berpengaruh positif. Terima kasih

    • Reza harry dharmawan says:

      Andy

      Jika hasil uji validitas rekiabilitas dan asumsi klasik sudah memenuhi syarat, maka tidak ada kesalahan, kalau memang hasil ujinya negatif ya ndak papa, berarti hipotesisnya di tolak, bisa diperkuat dengan cari hasil penelitian yang mendukung penelitan mu,

      Kalau validitas,reliabilitas dan asumsi klasik belum terpenuhi berati masalahnya ada di data nya
      Jika data primer bisa cari responden lagi, jika datanya sekunder bisa di diskusikan sama pembimbing 😀

      Semoga membantu :)

  32. Julius says:

    selamat malam pak, ini gimana kesimpulan nya hasil analisis regresi berganda, nilai koefiensi variabel A= 0,06 B=0,9 C=0,5 sedangkan constant nya 1,467, gimna ini pak?

  33. Chacha says:

    Thanks ya min infonya…^_^

  34. riri says:

    kalo “e” eror itu angkanya didapat darimana ya pak ? trims

  35. Adya Maulana says:

    Halo Pak Muhammat,

    Saya ada satu pertanyaan, jika persamaan regresinya: Y=1.320-0.0097X1-0.082X2+0.318X3-0.267X4+0.681X5. X3, X4, dan X5 berpengaruh scr signifikan. Yang saya bingung itu meng interpretasikan koefisien yang negatif, tetapi berpengaruh scr signifikan. Mohon penjelasannya pak.

    Terima Kasih,
    Adya

  36. ratih says:

    halo pak saya ingin bertanya. pd hasil output spss saya di kolom unstndard coeff B pada kolom constanta trdapat nilai 2.769E7 dan kolom variabel tenaga kerja trdapat nilai 1.396E6. saya ingin menanyakan apa ya arti dari E7 dan E6 pd nilai itu? mohon penjelasan nya pak terimakasih:)

  37. Linda says:

    Selamat malam bapak,,
    Ada yg ingin sya tanyakan, apakah ada prbedaan penulisan prsamaan dlm regresi brganda, antara data yg hanya terdiri dri variabel bebas ‘n terikat dngan dta yg memiliki variabel intervening didalamnya,, ? Klu memang da apa yg membedakan keduanya,, ??
    Mohon bantuannya bapak, terima kasih

  38. Anonymous says:

    nilai beta 1 dan beta 2 nya yg mana ya pak

  39. rio says:

    malam pak mau tanya, hasil beta unstandarized coef saya sangat tinggi pak variabel
    x1 = -123096,89
    x2= – 34589-87
    x3= 124987,87
    x4 = .079
    nah data saya itu saya pake data sekunder dari Laporan keuangan, tapi saya bingung data saya ada yang nominal ada yang rasio soalnya data saya tidak bisa dirasiokan semua, tetapi untuk standarized coef beta-nya dibawah 1 semua, apakah saya sebaiknya pake standarized coef beta ? kalo iya bagaimana cara interprestasi datanya pak, terimakasih

  40. Anonymous says:

    ass pak…
    saya mau bertanya pak, jika dari hasil spss saya nilai constant nya 0,000 dikolom B apakah bisa diterima atau tidak pak?
    mohon bantuannya…

  41. Anonymous says:

    ass pak
    saya mau nanya melihat positifnya dilihat dari mana ya?
    tolong bantuanya

  42. Djar says:

    tabel yang mas tampilkan hanya sampai kolom t dan Sig. , bagaimana dengan tabel yang saya punya sampai ada kolom Lower Bound , Upper Bound, Tolerance , dan VIF. itu gimana cara bacanya ya mas? hehe Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published.