Akber Batam: Komunitas itu Sexy

Pulau Penyengat, tempatnya Wisata Sejarah dan Religi 1
Pulau Penyengat, tempatnya Wisata Sejarah dan Religi di Tanjungpinang
21 May 2017
Pulau Ora Maluku
Tempat Bulan Madu Paling Romantis di Indonesia, Nomor 3 yang Super KECE
21 August 2017

Akber Batam: Komunitas itu Sexy

Akber Batam Komunitas itu Sexy 1

Anda tentunya ikut berbagai komunitas. Baik komunitas yang sesuai pekerjaan, komunitas hobi maupun komunitas alumni sekolah/kuliah. Karena adanya persamaan membuat komunitas yang kita ikuti tampak kompak. Kok bisa ya, padahal beda latarbelakang komunitas ini bisa bergerak dengan sendirinya, bahkan banyak yang sukarela. Apa sih motivasinya, simak ya ulasan berikut ini.

Sebagai contoh komunitas “Akademi Berbagi” sering disebut Akber merupakan salah satu komunitas yang senang melakukan kegiatan sosial. Mau melakukan kegiatan sosial tanpa di bayar.

Ternyata dengan cerita narasi, kita bisa mempengaruhi orang. Asalkan kita punya kesamaan dan kepentingan maka akan mudah untuk mengerakan banyak orang. Penting untuk dia, baru penting untuk orang lain.

Penghargaan

Motivasi lain adalah penghargaan. Tidak dipungkiri lagi jika kita update status di facebook yang dicari salah satunya “like” atau jumlah “share”. Seperti Awkarin yang heboh di intagram dan Agung Hapsah di youtube.

Bahkan ada yang lebih aneh lagi. Anak anak malas sekolah, terus ditanya apasih cita cita kamu? Pengin jadi youtuber katanya. Ternyata banyak mereka yang berpenghasilan lebih 5jt sebulan. Lebih ekstrim lagi ada juga anak masih yang masih abg mau mengganti uang sekolah orangtua nya agar tak sekolah. Memang ada dampak negatifnya tapi pengaruh positifnya banyak juga kok.

Mendekati komunitas.

Komunitas itu sekarang dianggap seksi lho. Jadi curency yang baru di dunia digital. Siapa yang bisa mengelola komunitas yang baik dapat dijadikan aset yang sangat besar.

KopDar bersama komunitas salah satu cara mendekati komunitas. Karena bertemu Online saja tidaklah cukup. Dengan bertemu offline anggota komunitas pun dapat berinteraksi lebih dalam.

Banyak manfaat yang bisa diambil. Pada dasarnya tujuannya adalah manusianya. Seperti membujuk untuk membeli suatu produk. Mempengaruhi untuk mendownload sebuah aplikasi, atau tujuan lain.

Akber Batam Komunitas itu Sexy 2

Lowongan Kerja Baru

Akan ada possisi jabatan baru yang belum terbayangkan sebelumnya, Comunity Manajer contohnya. Posisi ini banyak dicari dan sulit untuk mendapatkannya. Karena seorang Comunity Manager harus tau cara mendekati manusianya, untuk pengaruhi orang. Dan pandai di bidang teknilogi informasi.

Harus selalu eksis dan pandai berbicara. Kenapa langka, karena yang pandai teknologi biasanya kurang bisa mendekati komunitas. Dan yang sering eksis biasanya kurang pandai di bidang teknologi.

Masih ada lagi posisi posisi baru seperti admin sosial media, koordinator buzzer, social media monitoring, konten kreator. Yang semua itu dibawah seorang Comunity Manager.

Bisnis butuh komunitas

Dapat dijadikan target market yang bisnisnya mengenai penjualan produk atau jasa. Sebagai target audit juga bisa dilakukan. Disamping itu membangun sebuah brand di komunitas akan cepat dikenal.

Beberapa perusahaan mendekati komunitas sebagai bentuk customer care. Sambil mendengarkan feedback dari pengguna jasa / produk.

Cara Mengelola Komunitas

Hal pertama adalah mendengarkan suara anggota komunitas. Memonitoring keinginan member, menampung gagasan yang membangun.

Kopi darat merupakan acara yang paling ditunggu komunitas di Indonesia. Disana komunikasi bisa lebih inten. Mendengarkan langsung keluhan atau menangkap kemungkinan solusi yang akan diambil.

Hal kedua yang utama adalah meng – engage. Ikut bepartisipasi bukan intervention, kita ini sama, sederajat. Yang penting kita diterima dahulu. Datang, duduk terlibat namun sejajar. Dari situ akan tau apa yang mereka butuhkan.

Nah para marketting biasanya akan mencari siapakah influencer di komunitas itu. Siapa yang membuat keputusan untuk berubah. Siapa yang paling yang paling berpengaruh. Akan tau leader bukan follower.

Reward Ritual dan Role

Ainun Chomsun, pendiri Akademi Berbagi menuturkan ada tiga hal penting dalam komunitas. Yang pertama reward, ternyata penghargaan bukan sekedar uang. Alasan ikut sebuah komunitas bisa jadi karena adanya manfaat. Dapat teman banyak  atau gebetan baru. Beberapa anggota ikut agar dianggap eksis.

Ritual, merupakan kegiatan yang dilakukan berulang ulang. Seperti kita merasa kangen akan kopdar nya, dengan dresss kode tertentu. Atau yel yel yang sering digunakan.

Role, anggota sangat menantikan perannya dalam sebuah komunitas. Jangan sampai merasa tidak dianggap. Sekecil apapun, berikanlah. Makanya biasanya komunitas yang bagus memiliki kepanitiaan yang gemuk. Kalau hal ini tidak di indahkan, menyebabkan anggota akan pergi. Karena merasa tidak di anggap.

Akber Batam Komunitas itu Sexy 3

Akademi Berbagi Batam

Nah, Akademi Berbagi Batam merupakan komunitas  sosial yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bisa diterapkan secara langsung sehingga masyarakat dapat merasakannya. Berikut ini beberapa pengurus relawan yang di Batam, Lianda marta, Andi kusuma, Joko pramono.

Hayoo…
Siapa yang mau berbagi, dapat pantau dulu aktivitasnya di Facebook: Akber Batam, Instagram: @akberbatam dan Tweeter : @akber_batam.
Berbagi bikin Happy ….

Muhammat Rasid Ridho
Muhammat Rasid Ridho
[telp/wa 0831 8393 2425] Software Developer yang Suka Jalan jalan, Belajar Jaringan dan Berbagi Cerita. Jangan lupa tulis komentar di bawah ini ya teman teman ... !

1 Comment

  1. Tegas Lugas says:

    Saya sangat setuju…

Leave a Reply

Your email address will not be published.